GARUT60DETIK.COM, Karangpawitan РKepolisian Resor (Polres) Garut, Kamis (7/12/2023), menggelar Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas dalam rangka mempersiapkan langkah-langkah pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Kabupaten Garut. Acara yang berlangsung di Kantor Polres Garut tersebut dipimpin oleh Kepala Polres Garut, AKBP Rohman Yonky Dilatha.

Dalam pengarahannya, Kapolres Garut menyampaikan rencana penyelenggaraan operasi lilin yang terpusat di Kabupaten Garut sebagai bagian dari upaya pengamanan Natal dan Tahun Baru. Operasi ini akan melibatkan unsur TNI dan stakeholder lain di wilayah Kabupaten Garut.

“Kita juga akan melakukan konsolidasi dan awal ini adalah langkah awal untuk konsolidasi terkait dengan pengamanan natal dan tahun baru khususnya di jalan raya Kabupaten Garut,” ucapnya.

Selain itu, Kapolres Garut menekankan perlunya sinergitas antara semua pihak terlibat, termasuk TNI dan stakeholder lainnya. Ia berharap agar tidak terjadi irisan atau tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

“Sehingga tadi bisa bersinergi dan tidak adanya ego sektoral maupun tumpang tindih tugas yang nantinya bisa menimbulkan ketidakefisienan dan personil di lapangan maupun pelaksanaan tugas di lapangan,” ujarnya.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Garut, Iptu Aang Andi Suhandi, menambahkan bahwa rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi di lapangan. Jika objek wisata masih dapat menampung pengunjung, tidak akan dilakukan rekayasa arus lalu lintas.

“Apabila di objek wisata, misalnya di Rancabuaya, sudah penuh, maka kita akan alihkan ke objek wisata lain seperti Santolo atau Sayangheulang,” jelas Iptu Aang Andi Suhandi.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Satria Budi, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk koordinasi dan komunikasi terhadap langkah-langkah yang terkait dengan memberikan kenyamanan dan pengamanan kepada masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru. Dia juga menekankan pengamanan objek vital seperti tempat ibadah.

“Menghadapi libur juga kita mempersiapkan objek-objek wisata ya untuk memberikan pengamanan, pelayanan, dan kenyamanan kepada para tamu yang datang ke Kabupaten Garut, terutama yang akan berkunjung ke objek wisata,” ucapnya.

Terakhir, sesuai dengan arahan dari BPBD Garut, ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati ketika melaksanakan perjalanan mengingat kondisi cuaca yang kini sudah memasuki musim hujan.

>