GARUT60DETIK.COM, Garut – Komandan Kodim 0611/Garut Letkol Czi Dhanisworo, S.Sos memimpin pelaksanaan kegiatan penanaman pohon di Kamojang Village dan pembersihan lingkungan di Pasar Modern Kec. Samarang Kab. Garut bersama dengan Forkopimcam dan element masyarakat Kab. Garut. Senin (4/12/2003).

Dalam sambutannya, Dandim 0611/Garut menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan penanaman pohon ini menjadi momentum awal bagi kita semua dalam mewujudkan kebersamaan sebagai upaya membangun silaturahmi dalam rangka memajukan Bangsa yang kita cintai bersama. Dan menindaklanjuti perintah dari Bapak Pangdam seusai program Kasad untuk menaman pohon dilingkungan dan pembersihan lingkungan guna mengantisipasi musim hujan yang bertujuan untuk mengurangi pemanasan global, mencegah erosi, banjir, longsor serta menyimpan air hujan dan menjaga cadangan tanah.

“Penanaman pohon dan pembersihan lingkungan ini merupakan  sebagai bentuk kepedulian TNI AD terhadap kondisi lingkungan khususnya di wilayah Kab. Garut”

Lanjut penyampaian Dandim 0611/Garut “Bahwa kegiatan ini melibatkan Forkopimcam dan seluruh elemen masyarakat Kab. Garut. Hal ini agar masyarakat juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan”.

Kegiatan penanaman pohon ini diikuti oleh Perwira staf, Danramil jajaran Kodim 0611/Garut serta Forkopimcam dan elemen masyarakat lainnya diantaranya hadir Wakil Kepala KPH Kab. Garut (Bpk Nandang), Asper BKPH Leles (Ibu Nemah), RPH Tarogong (Dedi Kusnadi), Perwakilan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Sawargi, Perwakilan LMDH (Lembaga Masyarakat Desa Hutan) Sinar Saluyu dan masyarakat umum.

Adapun jumlah pohon yang ditanam berjumlah sekitar 600 bibit pohon keras,  terdiri dari Pohon Suren, Mahoni, Jambu Mede, Ki beureum dan berbagai jenis kayu alam. Bibit pohon tersebut sudah tersalurkan ke beberapa wilayah yang menjadi target penghijauan.

Ibu Imas, warga masyarakat yang turut hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan kegembiraan nya atas kegiatan ini “Penanaman pohon ini sangat baik terutama bagi masyarakat sekitar yang sangat tergantung dengan kondisi alam”.Masih menurut Ibu Imas diharapkan kegiatan ini terus berlanjut mengingat saat ini sudah memasuki musim hujan “Waktunya sekarang pas karena sudah musim hujan”.

Selesai penanaman pohon. Seluruh pasukan dan masyarakat kemudian melanjutkan kegiatan pembersihan sampah di Pasar Modern Samarang. Masyarakat pasar sekitar Pasar modern menyambut baik kegiatan ini. Seperti yang disampaikan oleh salah satu warga Pasar, Bpk. Herman “Kegiatan ini sangat baik, sekaligus juga menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan” dirinya juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada Komandan Kodim 0611/Garut beserta jajarannya ‘Haturnuhun ka bapak komandan kodim anu tos paduli kana kabersihan Pasar ieu”

Antusiasme warga masyarakat sekitar sangat tinggi dan mengapresiasi kegiatan tersebut baik penanaman pohon maupun pembersihan pasar.

>