GARUT60DETIK.COM, Karangpawitan – Perlomba Tari Jaipong dan Rampak menyemarakkan area Food Caurt Palugada di Kp Wedasari Desa Sindanggalih Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat.

Setelah sukses Perlombaan dalam Parade Lomba Mewarnai, Jaipong,,Sebelumnya.

Parade Lomba Palugada 2023 merupakan langkah nyata dalam mencintai,melestarika serta mengembangkan berbagai inovasi dalam pelestarian Khasana Budaya Bangsa.

Perlombaan ini dibuka secara resmi oleh Yosep SAS sebagai ketua penyelenggara Palugada(ower)di dampingi oleh Bunda Wulan sebagai pemilik Palugada.

Dan hari ini Rabu(22/11/2023),tiba waktunya untuk penyerahan hadiah bagi para peserta yang menjadi juara.

Menurut,”Irat Boyah sebagai Koordinator Lomba Tari Jaipong dan Rampak,Kami berharap Lomba ini dapat menambah motivasi, meningkatkan bakat dan minat anak anak dalam menekuni seni budaya.

Dalam waktu yang sama Pemilik Palugada,”Bunda Wulan mengatakan perlombaan bertujuan untuk melestarikan Budaya Sunda dan mengangkat talenta anak.

Di kesempatan yang sama dikatakan,Ketu Penyelenggara sekaligus owner Palugada,”Yosep SAS, mengatakan Perlombaan ini dibagi dalam 3 kategori yaitu Ke 1 SMP/SMA,Katagori Ke 2 SD Kelas 1-3 Ke 3 SD Kelas 4-6 kategori anak serta di ikuti sanggar dalam merebut tuk juara Rampak.

Lanjut,”Yosep, Penonton juga bisa menikmati penampilan jaipong dan Rampak di aneka jajanan kuliner,.produk minuman, kue-kue , dan masih banyak lagi produk-produk lainnya yang memenuhi lebih dari 30 stand /booth yang tersedia, Pungkasnya.

Lomba tari jaipong dengan dewan juri, yaitu,”Risma Eka Satriani,S.Pd, Iwan Ridwan Heri Kurniawan, Sely Faziani,S.Pd

Perwakila Deden Erli dari Wakil Dewan Kesenian memutuskan
keluar sebagai juara lomba tari jaipong Kategori SD kelas 1 – 3 SD adalah 1.No.4 Mikaya
2.No.5 Alika
3.No.3 Khumaira
4.Favori No.11 Zoya (harapan 3), Nesya

Juara 1,2 dan 3 lomba tari jaipong kategori SD 4-6 masing-masing diraih oleh Maghali Farxana AripinSekar juara 1,Keylanara Az Zahra juara 2,Ashilla Putri Calysta juara 3, Sedangkan Sirin Aminah keluar sebagai juara favorit kategori SD 4-6.

Sementara itu untuk Jaipong Kategori SMP/SMA,Juara 1.Keyla Cantika,Juara 2.Asti Auvia dan Juara 3.adalah Cantika Stevanie Adisti serta Queensha Azka Berliani sebagai juara Favorit

Masing-masing sebagai juara 1, 2 ,3 dan 4 Juara Rampak adalah Sanggar Rangga Wala ke 1,Sanggar Tari Dian Kencana Ke 2, Sanggar Sabuga B Ke 3, serta Sanggar Sabuga A Ke 4.

Para pemenang semua lomba akan menerima penghargaan dan hadiah, serta ditampilkan di acara Pagelaran Maha Karya Insan Semesta

Dalam waktu yang sama para orang peserta yang mengucapkan banyak terimakasih atas kegiatan yang di adakan di Palugada ini,semoga Palugada sukses terus dan kegiatan seperti ini berkelanjutan. (wan)

>