CIBALONG, garut60detik.com – Kondisi memprihatinkan terjadi di tiga desa di Kecamatan Cibalong, di mana jalan kabupaten yang menghubungkan desa Simpang, Maroko, dan Sagara telah rusak parah dan berlubang. Meskipun telah dua tahun sejak pembangunan, tidak ada tindakan perbaikan atau perawatan yang dilakukan oleh pihak pemerintah, khususnya Dinas PUPR Kabupaten Garut.

Kerusakan jalan yang mengancam aksesibilitas dan keamanan pengguna jalan ini menjadi ancaman serius bagi perekonomian lokal. Mayoritas hasil pertanian seperti kelapa dan pisang dari tiga desa ini sulit diangkut ke kota karena akses jalan yang buruk. Dampaknya akan terasa lebih luas jika tidak segera ditangani, dengan kerusakan semakin parah dan membuat jalan tidak dapat dilewati oleh kendaraan roda empat.

Saluran air yang tidak berfungsi juga menjadi faktor tambahan yang memperburuk situasi. Dengan kondisi medan jalan yang berliku dan banyak tanjakan tajam, tidak adanya perbaikan akan semakin memperparah kerusakan. Masyarakat setempat menuntut tanggapan cepat dari pihak berwenang untuk memperbaiki jalan tersebut demi kelancaran aktivitas ekonomi dan keselamatan pengguna jalan. (Dea Islami)

>