by

Tim Peneliti B2P3KS Jogjakarta Didampingi Pengurus PPKH Kab. Garut Kunjungi KPM PKH Sucinaraja

-News-151 views

Garut60detik.com. – Garut, Para Peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Jogjakarta beserta jajaran PPKH Kabupaten mengunjungi para KPM PKH yang ada di Kecamatan Sucinaraja, Rabu (19/08/2020).

Kedatangan TIM Peneliti dari B2P3KS Jogjakarta mengundang perhatian besar dari semua Pendamping Kecamatan Sucinaraja, pasalnya kedatangan mereka didampingi langsung oleh para pengurus PPKH Kabupaten Garut, di antaranya Kabid Linjamsos Hj. Yanti Sugiharti, M.Si, Kasi Penyelenggara Jaminan Sosial Dra. Ratna Dewijina, Koordonator Kabupaten Mubaraq Ahmad, SE, Dwi Juherlin Pendamping Sosial Khusus, M. Rahmat, M.Si Koordinator Kecamatan beserta para pendamping yang ada di Sucinaraja.

Adapun kedatangan TIM Peneliti dari B2P3KS yaitu untuk melaksanakan Uji Intrumen Dampak Sosial Pendidikan dan Pelatihan Family Development Session (FDS) Pendamping terhadap kemandirian Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (PKH).

Sebagai peneliti Drs.Sunnit Agus Tri Cahyo., M.Si mengatakan bahwa dalam kegiatan penelitian ini setiap perkembangan pelaksanaan Pertemuan Peningkatan Kemampauan Keluarga pada anggota PKH dada beberapa faktor yang perlu diperhatikan karena menjadi acuan untuk menilai sejauh mana kemajuan perkembangan anak tersebut. Faktor – faktor yang penting tersebut adalah aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.

Selain itu, Koordinator Kabupaten Mubaraq Ahmad, SE bahwa kegiatan ini untuk mengevaluasi keberlangsungan kegiatan FDS atau P2K2 yang dilakukan para Pendamping,
“Kegiatan kunjungan kali sangat membanggakan sekali karena yang datang langsung TIM Peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial (B2P3KS) Jogjakarta dan ini sangat langka sekali. Di samping itu, TIM Peneliti tersebut ingin mengetahui sejauh mana dampak Pelaksanaan FDS/P2K2 yang dilaksanakan oleh para Pendamping PKH,” Ujar Mubaraq Ahmad, SE.

Di tempat terpisah, Koordinator Kecamatan PKH M. Rahmat, M.Si mengatakan,
“Uji intrumen yang dilakukan oleh TIM dari B2P3KS memberikan spririt tersendiri bagi kami para Pendamping Sosial yang ada di Kecamatan Sucinaraja, karena bagi pendamping kegiatan ini bisa meningkatkan kualitas dalam pelaksanaan FDS atau P2K2 ( Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga) yang ada di masing masing Kelompok KPM PKH”, papar M. Rahmat, S.Pd.I, M.Si.

Kegiatan Family Development Session (FDS) atau Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh para Pendamping PKH, dengan tujuan meningkatkan kemampuan para KPM PKH khususunya dalam bidang Pendidikan, Ekonomi, Perlindungan Anak, Kesehatan dan Gizi serta Kesejahteraan Sosial. Semoga dengan adanya kunjungan dari TIM B2P3KS tersebut bisa menjadikan PPKH Sucinaraja terdepan dalam pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Garut. (RH)

Comment

Berita Terbaru