by

Sandiaga Uno Ingatkan Pelaku UMKM Gema Wira untuk bisa maju dan Beradaptasi

-News-99 views

GARUT60DETIK.COM – Mantan ketua umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sandiaga Uno mengimbau para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menyesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19. Hal tersebut perlu dilakukan agar usaha mereka tetap bisa berjalan.

Salah satu caranya, lanjut Sandiaga, dengan melakukan digitalisasi atau memanfaatkan dunia digital. “Covid-19 ini memaksa kita memulai kebiasaan-kebiasaan baru yang semakin bergantung pada digitalisasi,” kata Sandi dalam keterangannya, di tempat produksi Baso Aci Sami rasa jln raya Citangtu- Wanaraja kecamatan Pangatikan kabupaten Garut, Kamis (05/11).

Sandi berpendapat pandemi merupakan induk dari semua terjangan yang dihadapi manusia saat ini. UMKM yang mampu menyesuasikan diri dan beradaptasi dengan kebiasaan di tengah pandemi inilah yang akan bertahan.
Ada dua hal yang perlu diperhatikan pelaku UMKM agar dapat tumbuh, yakni segi kesehatan dan ekonomi. Pelaku UMKM perlu memperluas jangkauan pasar, lebih menggunakan bahan-bahan lokal, serta mengedepankan ekspor dan menekan impor.


“Pertumbuhan UMKM ini bukan melulu hanya tentang konsumen atau pangsa pasar akan tetapi juga pertumbuhan lapangan kerja,” tegasnya
Sandi juga mengatakan agar setiap individu yang ingin mulai menjadi pelaku usaha untuk melihat peluang apa yang memungkinkan ada pasar. Dia melanjutkan, pelaku usaha juga harus mengenali konsumen di lokasi usaha mereka.
“Pelajari kegemaran rasa dimanapun kita sedang berada sekarang, usaha apa saja yang akan bisa menyelesaikan permasalahan, bangun ekosistem, bangun jaringan dan mulailah secepatnya,” pungkas Sandi menjelaskan.

Kedatangan Sandiaga uno di sambut oleh para pengurus UMKM Gerakan masyarakat wirausaha ( Gema Wira ) Jabar V serta Pemilik Produksi Baso aci Samiraos Hj Ayu Berlian dan owner Andi prabowo serta Wahab.

Andi prabowo Owner produksi Baso aci Samiraos yang fi dampingi Wahab menyatakan terima kasih atas kunjungan Sandiago uno ketempat usahanya,semoga membawa berkah dan menumbuhkan usaha ini lebih maju dan berkembang baik nasional maupun internasional,Andi juga berharap supaya Sandiaga uno bisa membantu menjangkau pemasaran sampai keluar negeri,kedepannya supaya bisa lebih banyak lagi memberdayakan pekerja lokal untuk bekerja di sini ,” tuturnya ( Tim )

Comment

Berita Terbaru