by

Pemerintah Desa Citangtu Pangatikan Garut, Gelar Musrenbang Desa Tahun Anggaran 2022 : Camat sukseskan vaksin.

GARUT60DETIK.COM – Pemerintah Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, gelar Musrenbang Desa untuk tahun anggaran 2022 RKP usulan 2021, di aula desa setempat, jum’at (15/01/2021). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Desa (Kades), Iya syahria .Kades mengatakan, melalui kegiatan musrenbang desa ini diharapkan bisa mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini dimulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun yang ada di Desa Citangtu dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut di ikut sertakan sebagai bahan musrenbang 2021/2022 tingkat desa,” ujar Iya .

Untuk usulan desa Citangtu hasil kesepakatan bersama di proritaskan pada infrastruktur, dengan usulan dari bawah ini, lanjut Kades Citangtu usulan, nantinya akan dibawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada musrenbang tingkat kabupaten.

Sementara, Camat Pangatikan Asep Harsono HS.Sos.M.SI mengatakan, perencanaan partisipatif di tingkat desa yang melibatkan semua lapisan dan komponen, bsik lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah desa dan lembaga lainnya yang ada di desa.

“Sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang desa adalah menyepakati proyeksi prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan 2021/2022,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu juga Camat Asep Harsono HS menyampaikan beberapa hal terkait dengan prokes dan vaksinasi yang telah di louncingkan presiden jokowi seterusnya akan di laksanakan oleh pemerintah Daerah, harapanya kepada warga masyarakat yang mempunyai riwat penyakit tertentu supaya mau di vaksin demi memutus mata rantai penyebaran pendemi covid ini supaya cepat berlalu, juga terkait tentang proyeksi untuk BLT -DD tetap harus di laksanakan sesuai Peraturan menteri keuangan Permenkeu No 222 tentang pengelolaan keuangan dana desa yang lebih menitik beratkan terhadap BLT- DD untuk di alokasikan satu tahun ,ini yang menjadi dasar kegiatan dan untuk di jadikan proyeksi pedoman rencana kegiatan di tahun 2021 dan yang akan menjadi prioritas pembangunan desa. Ia meminta agar usulan-usulan agar diklarifikasi lagi, agar supaya tepat sasaran nantinya.

“Sesuai dengan dinas yang akan ditujukan, apabila kita mengajukan proyeksi proposal berupa bantuan, pelaksanaan murenbangdes hari ini diharapkan bisa menentukan usulan apa yang menjadi sekala prioritas pembangunan. Memilih dan menetapkan delegasi desa untuk mengikuti musrenbang kecamatan tahun 2021 nantinya. Musrenbang desa ini adalah untuk menampung aspirasi warga desa, dengan melalui proses tahapan-tahapan sesuai dengan program usulan desa. Semoga dengan usulan yang dianggap prioritas bisa diterima pada musrenbang tingkat kabupaten nantinya,” beber Camat Pangatikan.

Untuk memenuhi bantuan usaha, tambah Camat Asep , kelompok kelompok seperti pertanian, peternakan, KUKM ,sosial, kesehatan, infrastruktur jalan dan program lainnya harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang sudah diatur oleh pemerintah.

“Dengan adanya musrenbang desa ini, masyarakat bisa menyampaikan secara langsung kepada narasumber dari UPT dinas-dinas terkait untuk mengusulkan program prioritas desa yang dibutuhkan kan, sesuai dengan hasil musyawarah desa,” pungkasnya.

Selain pemerintah desa, hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pangatikan , Kasi pemerintahan , Pol PP, Kepala desa Citangtu, anggota BPD, LPM, perwakilan pemuda, perwakilan perempuan, kelompok tani, RT, RW, kepala dusun, babinsa, babinkamtibmas, pendamping desa serta UPT dinas kesehatan, PUPR, UPT dinas pertanian dan UPT lainnya. ( Fitria )

Comment

Berita Terbaru