by

Bupati Garut : Program Peningkatan STBM Wajib

Advertisement

GARUT60DETIK.COM – Di lapangan Setda Kabupaten Garut telah dilaksanakan Deklarasi ODF (open defecation free), diikuti oleh 90 Desa se-kabupaten Garut, yang dipimpin langsung oleh Bupati Garut H.Rudy Gunawan. Senin (30/8/2021).

Dalam sambutan di hadapan semua yang hadir, Bupati Garut menyampaikan program peningkatan STBM (sanitasi total berbasis masyarakat).

“Menteri kesehatan mewajibkan Progam STBM, sanitasi total berbasis masyarakat, artinya masyarakat ikut serta, kita melakukan edukasi, Melakukan pemicuan, supaya masyarakat sadar, bahwa hidup sehat itu adalah penting.”ungkapnya.

Sambung Bupati, ” kenapa masyarakatt tidak mau hidup sehat, karena miskin, karena kemiskinan lah mereka tidak punya yang namanya WC, misalnya di rumah Kepala Dinas WC itu di kamar tidur, di Pendopo juga, tinggal satu atau dua langkah tinggal masuk ke WC, coba saudara-saudara kita, air tidak ada, harus keluar, terus kalau waktu malam mau bagaimana. “sambungnya.

Dikatakan Rudy, “berharap kalau mau membuat STBM ini, Kami ada penguatan anggaran, ada sumber air, tetapi tidak dapat digelontorkan karena tidak ada Pipanya, segera kasih tau Saya, nanti Saya akan Zoom, misalnya di Kecamatan Pakenjeng ada sumber air, airnya banyak tetapi tidak disalurkan untuk kepentingan air minum dulu, tidak diberikan untuk kepentingan sehari-hari, maka air itu dikelola, Kami akan menyiapkan paralon atau HDPE nya, saya akan buatkan kebijakan anggaran ke arah situ.”pungkasnya.

“Air dulu, jangan proyek MCK nya dulu, tidak ada air susah, malu kita sama rakyat, kalau tidak memenuhi keinginan-keinginan rakyat.”pungkas Bupati.(**)

Comment

Berita Terbaru